Minggu, 12 April 2015

Aplikasi Pengelola Toko

December 24, 2010Leave a comment
Jika Anda memiliki toko dan ingin semua alur operasional hingga keuangan toko terdata secara rapi dan terkomputerisasi, Anda membutuhkan aplikasi store management. Pilihannya sangat banyak, namun biasanya berbayar dan berbanderol mahal.
Jika toko ini menjadi rintisan awal Anda dalam berbisnis, minimalkan pengeluaran dengan menggunakan aplikasi pengelolaan toko yang tidak memerlukan biaya. Ya, store management software pun ada yang gratis. Meski tak banyak, beberapa pilihan dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Tak hanya itu, ada pula yang fasilitas sangat memadai. Semisal inFlow Inventory. Ini adalah aplikasi manajemen toko yang menyediakan kontrol operasional toko yang cukup lengkap. Dengannya, Anda dapat mengelola banyak jenis organisasi toko, seperti toko online, layanan konsultasi, supermarket atau minimarket, toko kelontong, hingga toko pernak-pernik. Tak hanya untuk mengelola toko permanen, bahkan Anda dapat mendayagunakannya untuk sesi penjualan singkat seperti bazaar dan pameran.
Intinya, aplikasi ini mampu menangani dan membantu Anda dalam mengelola dagangan dari beragam jenis produk yang datang dari beragam pemasok barang. Kontrol barang tak sulit dengan bantuannya.

Banyak hal yang bisa dilakukan Inflow Inventory, mulai dari mengelola data pelanggan, pemasok, mencatat ketersediaan produk, mencatat pemesanan produk untuk stok, membuatinvoices, mendata inventaris atau stok, membuat laporan penjualan, hingga mengelola pajak penjualan. Komplet bukan?
Instalasi aplikasi ini pun tak rumit. Boleh dibilang malah simple. Tinggal download fileinflow_setup.exe yang ukurannya lumayan gede (sekitar 100 MB), lalu klik-dobel file untuk menjalankan proses instalasi. Setelah dijalankan, Anda langsung dapat melihat aneka fasilitas yang dapat dimanfaatkan.
Untuk memulai manajemen toko, hal pertama yang dapat Anda jalankan adalah mendata stok barang yang tersedia. Setiap pengeluaran yang Anda lakukan untuk membeli stok tersebut dapat didata juga di sini. Setelah stok di data, penjualan bisa dilakukan. Setiap kali ada barang terjual, Anda bisa membuat pencatatan dan membuat kuitansi untuk pembeli. Kemudian, secara otomatis data penjualan ini tercatat di aplikasi.
Di akhir minggu, Anda bisa memantau jumlah stok barang. Dengan cara tentu akan lebih memudahkan kapan harus mengorder barang ke pemasok dan Anda tak akan pernah bilang ke pelanggan bahwa barang yang diminta habis, kecuali ada keterlambatan pengiriman atau ketiadaan stok barang di pemasok.
Akhir bulan adalah waktunya mendata dan memantau alur penjualan. Laporan penjualan dapat ditampilkan dalam bentuk diagram atau data yang mudah dicerna. Meski gratis untuk selamanya, ada keterbatasan di software ini yaitu Anda hanya dapat mendata hingga 100 pelanggan dan 100 produk saja. Hal ini bisa diatasi dengan membeli lisensi aplikasi dengan harga yang tak mahal.
inFlow Inventory
Fungsi           : manajamen toko
Ukuran file    : 103 MB
Persyaratan   : Windows XP/Vista
Categories:Aplikasi

Kontrol Keuangan dengan Cerdas

December 24, 2010Leave a comment
Apa pun bisnis yang Anda jalankan, tentu Anda membutuhkan penata keuangan agar alur kinerja bisnis mudah terpantau. Dengan disiplin pencatatan keuangan tentu Anda lebih mudah mengecek apakah bisnis Anda sedang bekerja dengan baik atau sedang agak tersendat.
Jika bisnis yang Anda jalankan baru dan klien yang Anda miliki tak lebih dari 20, gunakan saja aplikasi gratisan ini untuk menjalankan operasional bisnis. Ini adalah versi starter dari aplikasi QuickBook Pro. Software ini akan mencetak cek, membayar tagihan, hingga menelusuri pengeluaran yang Anda akukan untuk kegiatan operasional bisnis Anda. QuickBook akan mendata semua alur keuangan Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat berdisiplin mengatur keuangan. Alhasil, data pengeluaran yang sudah lewat lama akan mudah ditemukan dan didata.
Tak hanya untuk memantau pemasukan, juga dapat digunakan untuk mendata klien. Jika suatu waktu ada informasi yang dibutuhkan oleh klien terkait dengan keuangan, Anda dapat mengeceknya dengan cepat. Jika ada tagihan dan pajak, semuanya dapat Anda kontrol pula lewat aplikasi ini. Semua data yang Anda masukkan bisa di-online-kan ke akun yang Anda buat di Intuit.com. Ini artinya Anda dapat mengaksesnya lewat internet kapan saja saat dibutuhkan, meski sedang tidak berada di toko atau kantor.

Jika data klien dan jasa layanan sudah dimasukkan, membuat invoice tagihan akan sangat mudah dengan QuickBook. Hanya saja, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi ini berbarengan dengan karyawan atau teman kerja dan berbagi data, karena versi starterhanya tersedia untuk satu akun saja. Berbeda dengan versi pro yang dapat digunakan bersamaan hingga lima akun.
Aplikasi ini mampu bertukar data dengan aplikasi yang biasa digunakan untuk mendata keuangan, seperti Microsoft Excel, Quicken, Microsoft Office Accounting. Artinya, data di aplikasi-aplikasi tersebut dapat dikelola lewat QuickBook.
Tak hanya sekadar aplikasi penata keuangan. Aplikasi ini juga berlaku sebagai pengingat dan penjadwal keuangan, jika suatu waktu ada tagihan yang perlu dibayar tepat waktu. Data dari bank juga dapat dimasukkan agar transaksi tak bermasalah atau salah mentransfer dana. Jika ada klien yang berada di luar negeri, Anda juga bisa menerapkan keuangan berdasakan mata uang lain. Ada fasilitas currency yang akan menyesuaikan keuangan Anda dengan mata uang tertentu.
Quickbooks Simple Start Edition 2009
Fungsi          : kelola akuntasi bisnis
Ukuran file   : 103 MB
Persyaratan  : Windows XP/Vista
Website www.intuit.com
Categories:Aplikasi

Bikin Tagihan dengan Gampang

December 24, 2010Leave a comment
Misalkan Anda membuat sebuah layanan seperti akses internet RT-RW.net atau jasa kredit barang. Layanan ini biasanya akan membuat tagihan secara periodik kepada konsumen yang melangganinya. Biasanya mingguan atau bulanan.
Proses pembuatan tagihan atau billing akan merepotkan jika konsumen Anda berjumlah puluhan orang lebih. Betapa merepotkan jika harus membuatnya satu per satu setiap periode tertentu. Nah, JBilling akan membantu Anda untuk membuat tagihan-tagihan periodik ini.
Aplikasi ini bersifat open-source lho. Jadi Anda dapat menggunakannya secara gratis (kecuali jika digunakan dalam skala bisnis yang besar). Untuk ini ada biayanya. Namun terhitung jauh lebih murah dibandingkan software sejenisnya.
JBilling membuat proses pembuatan billing secara otomasi. Anda dapat membuat tagihan secara mingguan, bulanan, tahunan, atau periode waktu yang Anda tentukan sendiri. Sebelum tagihan dikirim, Anda dapat mengecek preview-nya agar tidak ada kesalahan.
Serunya lagi daftar tagihan ini bisa disiarkan melalui website melalui feature yang tersedia. Dengan cara ini, para konsumen bisa melihat tagihan melalui web browser, tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Dengan teknik ini, pelanggan dapat membayar tagihan melalui transfer rekening, lalu mengirimkan konfirmasi dengan data invoice yang telah mereka unduh. Ya, tagihan ini memang dapat diunduh dalam format PDF.
Ya, JBilling memang dapat diintegrasikan dengan website. Itu dikarenakan feature database-nya dapat diakses melalui PHP, Java, atau standar ODBC (Open Database Connectivity). Pengelolaan aplikasi ini memang agak lebih rumit, karena sudah berkelas “profesional”. Namun ada panduan untuk menggunakannya yang cukup mudah dimengerti. Aplikasi berbasis Java Enterprise Edition ini dapat berjalan di Windows dan Linux. Bisa berjalan di atas mesin databse Oracle, MySQL, PostgreSQL, MS-SQL, dan lainnya.
JBilling
Fungsi         : penyusun tagihan berkala
Ukuran file  : 70,1 MB
Persyaratan : Windows XP/Vista, Linux
Website www.jbilling.com
https://kmunkz.wordpress.com/category/aplikasi/

0 komentar:

Posting Komentar