Minggu, 24 Mei 2015

Bagi para jobseeker yang baru lulus atau disebut Fresh Graduate, ketika mendapatkan panggilan interview pasti merasakan gugup dan tidak ada bayangan seperti apa sih interview itu. Biasanya mereka mencari tahu dengan bertanya kepada saudara atau kerabat bahkan cari di internet.  Bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam bekerja pasti dapat membantu jobseeker, MR. CB dapat membantu kalian, berikut ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan ketika interview :
1.       Bagaimana anda menggambarkan diri anda?
Jika anda mengatakan “Saya bisa menggambarkan diri saya dalam tiga kata.” Cara ini akan menarik perhatian pewawancara karena kemampuan anda menggambarkan diri anda secara singkat-padat, kreatif dan menarik.
2.       Coba ceritakan tentang diri anda?
Menjawab pertanyaan ini, sebaiknya jawaban anda sebagai berikut “ Saya Mr.CB lulusan dari Universitas ABC jurusan ekonomi dengan IPK 3.00. Selain itu saya juga sudah memiliki sertifikat brevet untuk menunjang pekerjaan yang saya lamar. Diluar dengan pendidikan saya juga sering mengikuti organisasi di kampus sebagai anggota BEM, tugas saya yaitu merencanakan/membuat event kemahasiswaan untuk mempererat tali silahturahmi antar mahasiswa di kampus. Saya orang yang tidak mudah menyerah dalam hal apapun….”.
3.       Apa kelebihan anda?
“Saya mampu bekerja secara mandiri maupun secara team, karena saya yakin ada saatnya kita harus mampu bekerja secara mandiri dan ada saatnya kita harus bekerja secara team untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang baik.” Itu merupakan salah satu jawaban yang cukup baik untuk menjawah apa kelebihan anda.
4.       Apa Kelemahan anda?
Kata-kata yang harus di hindari ketika menjawab pertanyaan apa kelemahan anda yaitu jangan pernah menjawab jika anda perfeksionis. Lebih baik anda mengatakan jawaban yang konkret seperti anda tidak bisa menghitung di luar kepala dan mengatasi nya dengan membawa kalkulator. Setiap kelemahan yang anda ucapkan harus didampingi dengan solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut.
5.       Dalam 5 tahun kedepan kamu akan seperti apa?
Jawablah pertanyaan ini harus berkaitan dengan posisi anda, misalnya selama 3-4 tahun anda membangun karir pada suatu bidang pekerjaan dan di tahun ke 5 anda harus menjadi seorang Senior/Manager atau posisi lebih tinggi dari yang sekarang ini. Seperti contoh “saya melihat diri saya 5 tahun ke depan yaitu jabatan saya menjadi manager, karena saya yakin saya bisa meraih posisi tersebut maksimal 5 tahun”. Dengan jawaban seperti ini kamu terlihat orang yang optimis, memiliki rencana dan percaya diri.
GOOD LUCK!
https://workshared.wordpress.com/2013/07/12/pertanyaan-yang-selalu-ditanyakan-pada-saat-interview/

0 komentar:

Posting Komentar