Selasa, 09 Februari 2016

Cara Pakai Chromecast



Cara Pakai Chromecast
Petunjuk cara pakai Google Chromecast yang baik dan benar dalam bahasa Indonesia yang kaku. Ditujukan untuk kamu yang mau punya satu tapi belum terlalu mengerti kegunaannya itu seperti apa. Juga berlaku bagi yang sudah beli tapi tidak tahu cara pakainya.
Langkah-langkah yang diperlukan untuk menyambungkan komputer kamu ke Chromecast dan Chromecast kamu ke TV itu relatif mudah, hanya perlu seperti ini:
  1. Colok Chromecast  ke port HDMI
  2. Ganti input TV ke HDMI
  3. Install aplikasi Chromecast App (http://google.com/chromecast/setup) dan extension browser Chrome (https://chrome.google.com/webstore/detail/google-cast/boadgeojelhgndaghljhdicfkmllpafd?hl=en) di komputer atau device yang ingin kamu hubungkan. Bagian ini akan membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit tergantung seberapa cepat koneksi internet yang digunakan.
Colok Chromecast  ke port HDMI
Bentuk Chromecast itu lebih besar daripada dongle-dongle USB pada umumnya. Jika tidak muat, tersedia kabel pemanjang/extender yang juga berguna buat memperkuat koneksi wifi.
Ketika berada di box, design Chromecast itu terlihat sangat minimal, tetapi tidak setelah kamu memasangnya ke TV. Chromecast mengambil tenaga listrik dari tambahan kabel di sisi yang berlawanan dengan colokan HDMI.  Jadi kamu tetap akan mendapatkan satu lagi kabel yang terjuntai. Ada dua pilihan untuk mengambil listrik, yaitu port USB yang tidak ada tulisan 'NON SERVICE' atau melalui colokan listrik. 
Setelah instalasi Chromecast App selesai, Chromecast akan reboot dan menampilkan layar baru seperti ini:
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah menginstall extension chromecast di browser Chrome. Setelah ter-install, coba buka salah satu video yang ada di Youtube. Seharusnya menu Youtube yang ada di kanan bawah akan bertambah dengan opsi 'Play on TV'. Kalo kamu klik itu, maka video akan dimainkan di TV kamu.
Rubah Nama Chromecast
Untuk mengubah nama Chromecast atau mengubah informasi wifi yang digunakan, langkah yang harus dilakukan adalah:
  1. Buka software Chromecast App di komputer


     
  2. Pastikan Chromecast tercolok di TV dan klik tombol Settings dari Chromecast yang mau dirubah.


     
  3. Nama Chromecast dan WiFi Settings dapat dirubah disini

    Chromecast Name & Wifi Settings

0 komentar:

Posting Komentar