Rabu, 21 September 2016


FUNGSI SERTA CARA KERJA PING DAN TRACEROUTE

Correct CorrectNext »  
What protocol is used for Ping and Trace Route?
A. ICMP B. TCP C. UDP D. DHCP E. IP



  1. Jelaskan fungsi dan cara kerja ping dan traceroute!
Jawaban :
Fungsi PING (Packet Internet Gopher) untuk mengecek konektivitas antar satu komputer dengan komputer lainnya dengan mengirim sebuah pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) echo reply kepada IP Address yang ingin diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
Ping juga digunakan untuk memastikan installasi IP address di suatu host. Langkah-langkah yang dapat dilakukan      yaitu :
  • Ping loopback : test terhadap software TCP/IP.
  • Ping IP alamatku : test perangkat jaringan di suatu host.
  • Ping alamat IP suatu host lain : test apakah jalur sudah benar.
  • Ping nama dari suatu host : test apakah sistem DNS sudah berjalan.
Contoh perintah ping : “ping http://www.google.com”,. Jika jaringan bermasalah akan muncul “Request Time Out” atau RTO namun jika jaringan tidak ada masalah, maka akan muncul tulisan “Reply from ….” seperti gambar dibawah ini :
pingCara kerja Ping yaitu mengirimkan paket ICMP_ECHO dan beberapa data ke host tujuan, kemudian tujuan host akan me-replay dengan paket ICMP_ECHOREPLAY dengan data yang dikirimkan kepadanya. Secara default ping akan menunggu 1 detik sebelum mengirim ICMP_ECHO selanjutnya. Pada beberapa implementasi pengguna dapat men-setting periode ini dengan 0 dan melakukan “floodping”, bila data yang dikirim cukup besar dengan koneksi yang cepat (T1 atau Ethernet).
Fungsi Traceroute (Tracert) untuk menunjukkan rute yang dilewati sebuah paket untuk mencapai tujuannya dengan mengirimkan pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request ke tujuan berdasarkan alamat IP tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Traceroute akan me-list daftar router yang dilalui dan menampilkan informasi IP Address router. Informasi yang diperoleh adalah banyak nya hop (lompatan) yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan lama waktu yang dibutuhkan. Traceroute memanfaatkan flag TTL. Contoh penggunaan tracert “tracerthttp://www.detik.com” maka akan terlihat beberapa lompatan router mana saja yang dilewati dari komputer pengguna menuju ke http://www.detik.com.
traceroute
Cara kerja Traceroute yaitu mengirimkan paket ke host tujuan dengan TTL yang bertambah dengan satu (dimulai dengan 1). Jika host mengirim balik ICMP TIME_EXCEED traceroute akan memberitahukan ke user alamat dari pengirim ICMP tersebut dan jeda waktu dari saat pengiriman IP/UDP paket sampai diterimanya paket ICMP TIME_EXCEED. Setelah ini traceroute akan mengirimkan lagi ke host tujuan dengan TTL += 1 (TTL sekarang lebih besar 1 dari sebelumnya). Traceroute akan terus melakukan hal seperti diatas sampai diterima ICMP PORT_UNREACHABLE dari host tujuan atau maksimum hop (lompatan) telah tercapai (default 30). Traceroute menggunakan protokol UDP untuk mengetahui bagaimana traceroute telah sampai ke host tujuan dan tidak lagi mengirimkan paket.
https://windaprofile.wordpress.com/2015/04/13/fungsi-serta-cara-kerja-ping-dan-traceroute/

0 komentar:

Posting Komentar