Selasa, 03 Oktober 2017

Mematikan Fitur Cups-Browsed di CUPS (tested on Ubuntu 14.04)

Si Cangkir
Si Cangkir
Mungkin anda pernah mengalami kejadian saat di mana pada bagian manajemen “Printers” di CUPS Ubuntu 14.04 selalu saja menampilkan broadcast BBM (?) printer-printer yang ter-sharing dalam satu jaringan. Tentu saja, kita sebagai administrator IT dan user sendiri akan kebingungan harus memilih printer mana yang sebenarnya ingin kita tuju atau yang sudah di Add sesuai dengan keinginan. Bisa-bisa dokumen rahasia yang akan anda print malah ada di ruang lain (!).
Dengan me-remove semua printer kecuali yang memang akan dipakai akan sia-sia karena saat kita me-reboot komputer, printer-printer yang ter-sharing akan muncul kembali. Atau dengan men-uncheck list di bagian menu “View -> Discovered Printers” lalu hapus printer juga sama saja. Close Printers Management dan buka kembali akan seperti semula. Mencari option “Show printers shared by other systems” di menu “Server -> Options” seperti mencari batu akik di kutub utara (?), tidak bakal ada.
Bagus sih, bisa dibantu secara otomatis, tapi kelewat banyak gimana?
Bagus sih, pencarian printer bisa dibantu secara otomatis, tapi kalau kelewat banyak gimana?
Maaf, sistem baru, ada yang baru juga
Sistem baru, ada yang baru juga.
Tadaa, ceklis bisa dihilangkan, terus close dan buka lagi Printers.
Tadaa, ceklis bisa dihilangkan, terus close dan buka lagi Printers.
Terdapat dua cara yang bisa anda lakukan untuk mematikan fungsi pencarian printer sharing secara otomatis, dengan cara di bawah ini :
Cara 1 : Mengubah protokol pencarian CUPS, buka file konfigurasi “/etc/cups/cups-browsed.conf dan ubah baris “BrowseRemoteProtocols” dengan “BrowseRemoteProtocols none”
(cara ini belum saya terapkan).
Cara 2 :
  1. Buka Terminal, buat file baru atau bisa langsung ketikkan command di bawah ini :
    4
  2. Isi file tersebut dengan teks di bawah :5
  3. Selanjutnya, hentikan proses cups-browsed dengan command : sudo /etc/init.d/cups-browsed stop
    6
  4. Hapus printer-printer sharing yang tidak jelas kita mau itu (ya, dihapus manual dulu, sabar ya). Sampai hanya printer tertentu saja atau printer hasil Add manual sendiri. Restart PC.
  5. Dan setelah itu, coba kembali lagi ke Printers.
    7
    Printer ini yang sama mau…
Sut usut dari info, cups-browsed ini sudah ada dari Ubuntu 13.04 (bawaan) atau update dari CUPS 1.6.x yang menggantikan CUPS broadcasting (yang menu option “Show printers shared by other systems” hilang seperti yang dijelaskan di atas). Cara kedua ini yang sudah saya terapkan dan (sejauh ini) sudah ampuh mengatasi “bantuan” dari CUPS ini. Good luck!
https://sengatansibenz.wordpress.com/2015/02/24/mematikan-fitur-cups-browsed-di-cups-tested-on-ubuntu-14-04/

0 komentar:

Posting Komentar